BPBD Pesisir Selatan Siaga, Masyarakat Diminta Waspada Potensi Cuaca Buruk dan Bencana

TNews, PESISIR SELATAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar) mewaspadai peringatan BMKG soal potensi curah hujan hingga tiga hari kedepan.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Pessel, Doni Gusrizal menyampaikan, berdasarkan prediksi BMKG terkait prakiraan cuaca tersebut, masyarakat patut mewaspadai dan selalu siap siaga terhadap potensi yang diprediksi bakal terjadi.

“Berdasarkan peringatan dini BMKG ini kita mengimbau kepada kita semua untuk bisa mewaspadai dan selalu siaga terhadap potensi yang akan terjadi,” ungkapnya di Painan, Rabu 30 april 2024.

Berdasarkan prakiraan cuaca, BMKG memprediksi hingga tiga hari kedepan Rabu 1-3 Mei bakal terjadi hujan di sejumlah wilayah. Terkait hal itu sejumlah daerah bisa mewaspadai potensi bencana yang akan terjadi.

“Pertama tingkatkan upaya mitigasi melalui kesiapsiagaan, terutama bagi warga yg tinggal di area perbukitan dan tepi bantaran sungai.

Jangan sampai lengah dengan curah hujan ini, prioritaskan keselamatan keluarga dan lingkungan sekitar serta peralatan rumah tangga,” terang nya.

Selain kepada masyarakat, pihaknya juga mengimbau Kelompok Siaga Bencana (KSB) di setiap nagari untuk membantu mitigasi bencana. Terutama di wilayah yang terpantau rawan terhadap bencana.

“KSB nagari hendaknya bisa memberikan kontribusi bagi wilayah di masing-masing nagari yang berpotensi bencana alam akibat curah hujan ini, misalkan banjir, longsor maupun banjir bandang,” ujarnya.*

Peliput : PBP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *