Musrembang 2024 Pesisir Selatan Fokus Peningkatan SDM

TNews, PESISIR SELATAN – Bupati Rusma Yul Anwar menegaskan arah pembangunan Pesisir Selatan berfokus penguatan kualitas SDM. Hal ini sebagai upaya untuk mewujudkan ekonomi yang berkelanjutan.

“SDM yang berkualitas akan dapat menunjang pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Hal ini perlu dipersiapkan dengan matang,” ungkap Bupati Rusma Yul Anwar saat menghadiri Musrembang di Kecamatan Sutera, Jumat (2/2).

Ia melanjutkan, pembangunan Sumber Daya Manusia atau SDM menjadi tolak ukur kemajuan daerah. Karena itu sejak awal pembangunan pessel bertumpu pada program-program yang menyasar peningkatan SDM dimaksud.

“Misi Pesisir Selatan jelas fokus peningkatan SDM, kesehatan masyarakat, dan kemajuan ekonomi,” ujarnya.

Menurut Bupati pembangunan SDM tidak kasat mata sehingga perkembangannya hanya bisa dirasakan. “Tak seperti kita bangun fisik, saat pekerjaan selesai, bangunan berdiri dengan megah atau jalan terbentang mulus,” lanjutnya.

Lebih jauh Rusma Yul metafsirkan negara Singapura yang minim SDA tapi membangun SDM secara unggul.

“Negara tetangga Singapura, kecil dan air minum saja diimpor dari Malaysia, karena SDM Singapura unggul ekonomi dunia dikuasainya, jalur perdagangan dikontrol termasuk jaringan internet,” kata Bupati Pesisir Selatan.

Oleh karenanya, berbagai program yang menyasar peningkatan SDM terus digiatkan, Program Nagari Bersekolah misalnya memberi ruang yang lebih terbuka untuk mengembalikan nilai-nilai lokal yang arif dan dibalut budaya Minang yang luhur.

“Pintar saja tidaklah cukup, tetapi bagaimana nilai-nilai kehidupan, Attitude menjadi pakaian anak-anak kita,” sebutnya.

Sejalan dengan itu, pemda juga mendorong perbaikan pelayanan kesehatan. “Bahwa kualitas pelayan kesehatan juga menjadi fokus pemda, orang sakit siapapun dia wajib dilayani, tak ada perbedaan apapun,” ujarnya.

Terkait dengan pertumbuhan ekonomi bupati dan jajaran juga terus berupaya agar peningkatan pendapatan masyarakat terus meningkat.

“Indikatornya pertumbuhan ekonomi yang grafiknya naik, walau kita masih merasakan dampak berat Covid-19, pelan tapi pasti geliat ekonomi tumbuh,” sebutnya.*

Reporter : Prisman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *