Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru, Pelabuhan Penasahan Painan Pesisir Selatan Mulai Dikembangkan

TNews, PESISIR SELATAN – Pengembangan Pelabuhan Penasahan Painan sebagai pusat pelayanan Transportasi perairan mulai dikerjakan. Hal ini disampaikan oleh kepala KSOP Kelas II Teluk Bayur Padang, Jondra Juis, SE., M.Si saat meresmikan dimulainya pembangunan tersebut, ditandai dengan memotong kambing.

Dalam sambutannya Jondra Juis mengatakan, melalui pengembangan Pelabuhan Panasahan Carocok Painan, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan transportasi dan mendukung perekonomian Kabupaten Pesisir Selatan. “Kita juga berharap dengan pengembangan sarana transportasi  pelabuhan Panasahan ini akan lebih baik dan menjadi primadona Sumatra Barat,” katanya di Painan, Kamis (1/02).

Ia juga mengatakan pembangunan ini dilaksanakan secara multi years, dimana tahun ini telah dianggarkan Rp 57 Milyar dan selesai di bulan September. “Ini akan berlanjut tahun 2025 dengan anggaran Rp.116 Milyar SBSN yang perencanaannya melalui 3 Kementerian, maka ini perlu pengawasan dari bapak Polre dan Kejari,” katanya.

Sementara itu, Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar mengatakan Pelabuhan ini diharapkan akan menjadi Pusat pertumbuhan ekonomi Baru di Pesisir Selatan. “Ini adalah wujud sinergitas kita bersama dalam upaya menjadikan Pelabuhan Panasahan Carocok Painan ini sebagai salah satu pelabuhan penyangga setelah Teluk Bayur,” ungkapnya.

Ia melnjutkan, dengan pengembangan pelabuhan ini diharapkan transportasi kendaraan yang membawa minyak sawit dan logistik lainnya yang berasal dari wilayah Selatan daerah kita ini, dapat melalui ke pelabuhan ini. “Dengan demikian wisatawan yang berkunjung ke Pesisir Selatan bisa dengan nyaman melewati jalan yang ada saat ini, yang pada akhirnya semakin meningkatkan kunjungan wisata ke daerah kita,” tambahnya.

Rusma Yul Anwar menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah yang telah membangun pelabuhan ini, khususnya Kementerian Perhubungan dibawah kepemimpinan Bapak Budi Karya Sumadi. “Harapannya pembangunan secara terpadu yang kita lakukan ini semakin meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Pesisir Selatan,” tutupnya.

Kegiatan ini juga dihadiri jajaran KSOP Kelas II Teluk Bayur, Forkopimda Pesisir Selatan, Kapolres Pessel diwakili Kasat Reskrim AKP Andra Nova,SH,MH, Dandim 0311/ Pesisir Selatan Letkol inf Sunardi S.H, Kajari Pesisir Selatan, Raymund H. Sihotang, S.H.,M.H Kepala Dinas Perhubungan dan, Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Pesisir Selatan.

Reporter : Prisman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *