15 Siswa SMKN 1 Sutera Pesisir Selatan Berhasil Raih Beasiswa Perguruan Tinggi Jalur Prestasi

TNews, PESISIR SELATAN – Siswa dan siswi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN I) Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) berhasil lulus seleksi beasiswa perguruan tinggi jalur prestasi ditahun ini.

Kepala Sekolah SMKN I Sutera, Lili Suryati menyampaikan, untuk tahun 2024 ini sebanyak 15 orang siswanya berhasil lulus pada seleksi beasiswa perguruan tinggi SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi).

“Ya, Alhamdulillah lulus sebanyak 15 orang dari total kuota yang kita daftarkan sebanyak 40 orang siswa,”sebutnya di Ruangan Kepala Sekolah SMKN I Sutera Kecamatan Sutera, Kamis, (28/03).

Lili menjelaskan, 15 orang siswa-siswi yang berhasil lulus di jalur prestasi tersebut tersebar di beberapa kampus ternama di Sumbar seperti di Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang (UIN IB), Universitas Negeri Padang, Politeknik Negeri Padang, dan Politeknik Negeri Batam.

“Rinciannya, UIN IB 1 orang, UNP 4 Orang, Politeknik Negeri Padang 9 orang dan 1 orang di Politeknik Negeri Batam,” ujarnya.

Ia menambahkan, jumlah tersebut jika dibandingkan dengan tahun lalu memang lebih banyak tahun 2023 dengan total siswa yang lulus sebanyak 18 orang. Namun, jika dipersentasekan lebih banyak tahun ini karena kuota tahun lalu lebih banyak siswa yang mendaftar.

“Kalau tahun lalu yang lulus jalur prestasi ada 18 orang siswa. Tetapi kuota yang didaftarkan juga banyak,” kata Lili Suryati.

Kemudian, untuk jalur seleksi perguruan tinggi lainnya seperti SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi) dan SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) total siswa yang lulus juga banyak yaitu sebanyak 40 orang.

Hasil itu ungkap Lili, tidak terlepas dari program bimbingan sekolah dalam memotivasi dan mendukung siswa yang berminat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Dimana, sekolah menyiapkan tim yang dibentuk khusus untuk membimbing dan mendampingi siswa masuk seleksi perguruan tinggi di seluruh jalur seleksi.

“Kita siapkan tim khusus, setiap siswa yang minat kita dampingi, dibantu mulai sejak mendaftar, memilih jurusan sampai mendaftar ulang. Pokoknya kita bimbing dan dampingi sampai lulus dan kuliah di kampus yang dipilihnya,” terangnya.

Selain itu lanjut Lili, bagi siswa yang lebih memilih jalur kerja setelah tamat dari sekolah. Pihak sekolah juga membantu siswa dalam mencari peluang kerja berdasarkan keahlian dan kompetensi siswa tersebut.

Sebab, SMKN I Sutera telah menjalin bekerja sama dengan perusahaan ternama seperti Panasonic, Suzuki, Capella Medan, dan Bank Nagari.

“Kita juga bantu siswa yang tamat sekolah yang tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi untuk mencari peluang kerja berdasarkan perusahaan yang menjalin kerja sama dengan kita,” tutupnya Lili Suryati.*

Peliput : Prisman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *