Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Terima Bantuan 10 Ambulans dan 12 Puskesmas Keliling dari Kemenkes

TNews, PESISIR SELATAN – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menerima Bantuan 10 unit ambulance dan 12 unit puskesmas keliling roda dua (Pusling) dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Disampaikan oleh Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan Asrul mengatakan bantuan itu dari Dana Alokasi Khusus (DAK) lebih kurang sebesar Rp. 34 miliar tahun ini.

“10 unit mobil ambulans dan 12 unit puskesmas keliling (pusling) roda dua akan ditempatkan di sejumlah puskesmas yang tersebar di wilayah Pesisir Selatan,” kata Asrul di rungannya Dinas Kesehatan Pessel, Rabu (26/06)

Ia melanjutkan, 10 unit mobil ambulans, terdiri dari 6 ambulans transportasi, dua ambulans gawat darurat, satu ambulans gudang farmasi dan satunya lagi ambulans Emergency atau kegawat daruratan.

“Ya, untuk mobil ambulans telah ada di sini. Sedangkan bantuan Pusling roda dua direncanakan datang di akhir bulan Juli,” ujarnya.

“Bantuan pusling ini akan kita tempatkan di Puskesmas Tapan, Kambang, Sutera, Pasar Kuok, Ampek Koto Mudik, Salido, Lumpo, Koto Berapak, Pasar Baru, Berlan dan Puskesmas Kayu Gadang (Sutera),” lanjutnya.

Asrul menyampaikan tujuan bantuan kendaraan itu untuk meningkatkan pelayanan rujukan pasien dari Puskesmas ke tempat rujukan lain seperti rumah sakit M. Zein Painan, atau ke rumah sakit yang ada di Provinsi Sumatera Barat.

“Jadi, kita berharap pengadaan ambulans tahun 2024 ini dapat kiranya pasien–pasien yang akan dirujuk, yang selama ini masih kurang ambulans dapat teratasi untuk merujuk pasien ke rumah sakit atau ke fasilitas yang lebih lengkap,” harapnya.

Disamping itu, kata Asrul, menambahkan selain bantuan mobil ambulans namun bantuan (dana) tersebut juga diperuntukkan untuk pengembangan 6 puskesmas yakni Puskesmas Tarusan melanjutkan pembangunan lantai dua yang sedang terbengkalai.

Kemudian Puskesmas Lumpo untuk pengembangan pembangunan gedung baru menjadi puskesmas rawat inap.

Selanjutnya, pegembangan Puskesmas Kambang, Poli yang masih lama dan IGD-nya di belakang untuk dijadikan lantai dua.

“Dan Puskesmas Tanjung Beringin yang dahulu terbakar dibangun kembali untuk meningkatkan pelayanan,” jelasnya.

“Kita juga berharap melalui pimpinan di tahun 2025 nanti mudah–mudahan mendapat bantuan dari Kemenkes 6 mobil ambulans lagi dan honda trabas untuk bisa ke lapangan di daerah bencana. Dikarenakan jarak tempuh Kabupaten Pesisir Selatan dari pusat kota itu lebih 156 kilometer ke arah Silaut,” tutupnya.*

Peliput: PBP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *