KPU Pesisir Selatan Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Suara Pasca Putusan MK

TNews, PESISIR SELATAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesisir Selatan Melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) di Gedung Painan Convention Center. Rabu (17/07).

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Pesisir Selatan diwakili Sekretaris Daerah Mawardi Roska, Waka Polres Pessel, Kompol Alwi Haskar, Ketua Bawaslu Pessel, Afriki Musmaidi, beserta anggota, anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panwascam se Pesisir Selatan.

Dalam Sambutannya, Ketua KPU Pesisir Selatan, Aswandi mengatakan bahwa pelaksanaan PSU DPD Sumbar yang digelar tanggal 13 Juli 2024 lalu telah berjalan dengan Aman, sukses, dan lancar di Kabupaten Pesisir Selatan.

“Sebagai pihak penyelenggara di tingkat kabupaten, saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang sudah berpartisipasi membantu pelaksanaannya, sehingga bisa berjalan dengan aman dan lancar,” katanya.

Dijelaskannya bahwa Rekapitulasi penghitungan yang dilakukan itu merupakan bagian tahapan pasca pelaksanaan pemungutan suara PSU 2024.

“Dari itu saya berharap hasil penghitungan yang dilakukan di tingkat kabupaten oleh masing-masing PPK yang dimulai hari ini hingga besok,” katanya.

“Sampaikanlah hasil penghitungan ini secara terbuka dan terang benderang agar bisa ketahui oleh semua yang hadir dan masyarakat secara umum,” Sambungnya

Dia mengatakan berkaca dari rekapitulasi yang sudah dilakukan di tingkat kecamatan sebelumnya, dia meyakini penghitungan di tingkat kabupaten tersebut akan bisa rampung satu hari.

“Dengan rampungnya penghitungan rekapitulasi hari ini, maka besok kami dari KPU Pessel sudah pula bisa menyampaikannya di tingkat provinsi,” harapnya.

Sebagai salah satu bentuk kepedulian KPU Pessel bagi masyarakat yang ingin menyaksikan rekapitulasi ini, bisa dilakukan melalui media live streaming yang disediakan oleh KPU Pessel.

Sementera itu, Sekretaris Daerah Pesisir Selatan, Mawardi Roska, menyampaikan ucapan terimakasih karena pelaksanaan PSU DPD pasca putusan MK telah berjalan dengan aman dan sukses di daerah itu.

“Sebagai pihak pemerintah daerah kami menyampaikan terimakasih dan berharap hasil yang didapatkan menjadi cerminan dari keinginan masyarakat,” katanya.

Dia juga berharap ketertiban dan keamanan masyarakat tetap terjaga pasca PSU hingga pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 nanti.

“Untuk kepastian, Mendagri sudah melakukan evaluasi terhadap kesiapan daerah, terutama sekali terhadap ketersediaan anggaran, termasuk juga Pessel. Karena Pessel tidak terkendala di segi anggaran sudah dialokasikan, sehingga Pesisir Selatan juga dinyatakan siap,”ujarnya.

Karena pelaksanaan Pilkada tersebut dilakukan oleh semua provinsi di Indonesia, maka bila terjadi konflik di daerah, bantuan petugas keamanan dari luar provinsi tidak bisa dilakukan.

“Dari itu saya berpesan dan berharap agar pada Pilkada serentak nanti, potensi konflik sekecil apapun agar dihindari dan dihilangkan. Jadikanlah pelaksanaan PSU yang berjalan dengan aman dan lancar ini sebagai contoh di Pilkada nanti,” tutupnya.*

Peliput: PBP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *