Bupati Pesisir Selatan Tinjau Jembatan Rusak di Batang Kapas, Perbaikan Dijadwalkan Oktober 2024

TNews, PESISIR SELATAN – Demi memastikan kelancaran mobilitas masyarakat dan mendukung pertumbuhan ekonomi di wilayah Kecamatan Batang Kapas, Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, secara langsung meninjau kondisi jembatan penghubung Sungai Bungin – Labuan Baruak.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan untuk segera melakukan perbaikan terhadap jembatan yang mengalami kerusakan cukup parah.

“Kondisi jalan menuju lokasi memang cukup menantang, sehingga saya memutuskan untuk menggunakan sepeda motor agar bisa lebih cepat sampai dan melihat langsung kondisi jembatan,” ujar Bupati Rusma disela kegiatan, Jumat, 20 September 2024.

Setelah melakukan peninjauan, Bupati Rusma menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk secepatnya mengambil langkah perbaikan minimal di bulan Oktober tahun 2024 ini.

“Kami berkomitmen untuk terus memperbaiki infrastruktur di daerah ini agar masyarakat dapat menikmati akses yang lebih baik dan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah,” tambah Bupati Rusma.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUTR Pesisir Selatan, Fahresi Eka Siska, menyebut, sebagai solusi jangka panjang, jembatan akan diperkuat dengan pelat baja. Penggunaan material diharapkan dapat meningkatkan daya tahan jembatan dan meminimalisir risiko kerusakan di masa mendatang.

Eka menjelaskan, bahwa perbaikan dengan menggunakan pelat baja merupakan solusi terbaik untuk memastikan jembatan ini dapat berfungsi dengan optimal dalam jangka waktu yang lama.

Meskipun perbaikan besar-besaran akan segera dilaksanakan, pihaknya tidak ingin masyarakat selalu merasa khawatir dan was-was ketika melewati jembatan. Oleh karena itu, sebagai langkah sementara, pihaknya akan melakukan perbaikan pada bagian-bagian jembatan yang rusak parah.

“Sebelum perbaikan menyeluruh dilakukan, kami akan mengganti papan-papan yang rusak terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang melintas,” ungkap Eka.

Kunjungan Bupati Rusma dan rombongan ke lokasi jembatan ini menunjukkan kepedulian pemerintah terhadap kebutuhan masyarakat.

Perbaikan jembatan Sungai Bungin – Labuan Baruak merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan untuk terus meningkatkan kualitas infrastruktur di seluruh wilayah, khususnya di daerah-daerah yang sulit dijangkau.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *