Bupati Pesisir Selatan Serahkan 45 Unit Rumah Layak Huni di Nagari Lumpo dan Pakan Senayan

TNews, PESISIR SELATAN – Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar serahkan 45 Unit bantuan Rumah Layak Huni terhadap puluhan Masyarakat Nagari Lumpo dan Pakan Senayan Lumpo, Kecamatan IV Jurai. Sabtu (10/08).

Pada kesempatan itu sebanyak 45 penerima bantuan rumah layak huni diserahkan kepada masyarakat setempat, terbagi atas dua Nagari, yakninya Nagari Lumpo Induk dan Nagari Pakan Senayan Lumpo.

Dalam kesempatan itu, Camat IV Jurai, Fero Yuanda Putri dalam kata sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada pemerintah daerah setempat dalam merealisasikan bantuan rumah layak huni kepada masyarakatnya dan sekaligus membuktikan keseriusan pemerintah daerah dalam mengentaskan kemiskinan.

“Ini suatu komitmen serius dari pemerintah daerah dalam mengentaskan kemiskinan, karena salah satu indikatornya adalah rumah layak huni serta kualitas kesehatan terhadap masyarakat,” ucapnya.

Dan terhadap sektor kesehatan di kecamatannya telah terealisasi sebanyak 2000 BPJS Pasisia Rancak lebih kurang.

“Puskesmas Lumpo saat ini juga direhabilitasi dengan anggaran milyaran, terima kasih pak bupati,” tutupnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Lumpo, Juswardi DT. Rang Kayo Batuah dalam kata sambutannya menyatakan bahwasanya Nagari Lumpo tacelak semenjak dipimpin oleh Rusma Yul Anwar.

Dimana, Lumpo telah diberikan akaes, saran dari berbagai penjuru untuk menunjang aksesibilitas masyarakat, baik pertanian, perkebunan, dan juga home industri.

Ia menyebutkan ruas sungai putiah-Koto rando, jalan tembus salido ketek-batu kunik, bukik siayah-balai senayan, puskesmas Lumpo.

“Tiada yang tidak dilakukan oleh Bupati dalam membangun Lumpo, dan ini sangat luar biasa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tutupnya.

Dalam sambutannya, Rusma Yul Anwar mengatakan bahwasanya ini merupakan salah satu bentuk dan upaya pencapaian dari kepala daerah yang tertuang dalam visi dan misi daerah.

“Kita punya tiga sektor utama dalam RPJMD dan visi,misi, yaitu sektor peningkatan ekonomi, pendidikan dan kesehatan, dan secara perlahan bisa kita wujudkan,” ulasnya.

Ia memaparkan, sektor ekonomi difokuskan untuk pembukaan infrastruktur penunjang perekonomian masyarakat.

Karena, dengan tersedianya akses, maka akan mempermudah akses masyarakat, contoh dekatnya jalan batu kunik-salido ketek.

“karena disana banyak sentra ekonomi masyarakat yang harus diakomodir baik pertanian dan perkebunan tidak hanya itu sektor pariwisata juga akan dikembangkan di sana,” tambahnya.

Sektor kesehatan juga difokuskan di Lumpo berupa perbaikan puskesmas, Kartu BPJS Pasisia Rancak, sektor pendidikan juga sudah dilakukan upaya perubahan status hidup dari tenaga honorer menjadi tenaga PPPK.

“Oleh sebab itu, masyarakat diimbau agar tidak mudah percaya dengan informasi dan isu yang tidak benar, silahkan dipilah dan filter informasi yang beredar pada saat memasuki masa pilkada,” tutupnya.

Adapun bantuan rumah layak huni tersebut diterima oleh dua Nagari yaitu nya 20 unit di Nagari Lumpo dengan anggaran Rp500 Juta dan 25 unit di Nagari Pekan Senayan Lumpo dengan anggaran sebesar Rp 625 juta.*

Peliput: PBP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *