Gelombang Pasang Ekstrem di Pesisir Selatan: Belasan Rumah Terendam dan Warga Diminta Waspada

TNews, PESISIR SELATAN – Gelombang pasang ekstrem dilaporkan terjadi di Muaro Batang Kapas, Nagari IV Koto Hilie, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Rabu (16/10) sekira pukul 06.30 WIB.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Pesisir Selatan Defrisiswardi mengatakan, akibat gelombang pasang ekstrem tersebut mengakibatkan terjadinya ombak besar yang diprediksi terjadi dua kali dalam sehari (pagi dan sore) di wilayah setempat.

“Akibatnya, 15 unit rumah warga sekitar terendam air laut, 8 unit gudang penyimpanan ikan milik nelayan setempat terendam air laut, 2 unit rumah warga rusak, dan 1 unit kapal motor juga rusak akibat dihantam ombak,” ujar Defrisiswardi.

Ia memprediksi, kondisi tersebut bakal terjadi selama tiga hari ke depan di wilayah Pesisir Selatan. Ia pun meminta agar warga yang berdomisili di tepi pantai selalu meningkatkan kewaspadaan mengingat cuaca yang tidak menentu akhir-akhir ini.

“BPBD Pessel bersama Forkopimca kecamatan sudah melakukan peninjauan dan asesmen ke lokasi. Untuk sementara, pihak nagari bersama masyarakat setempat melakukan pengamanan sementara dengan mengisi karung pasir sebagai penahan hempasan ombak masuk ke rumah warga,” ucapnya lagi.*

Peliput: PBP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *