Pessel Daerah Pertama di Indonesia sebagai Kick Off Penggerak Pendidikan

TNews, PESISIR SELATAN – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) merupakan daerah pertama di Indonesia yang bekerja sama dengan LDK sebagai Kick Off Penggerak Pendidikan.

Lead Lingkar Daerah Belajar (LDB) Qonita Beldatis mengatakan, Lingkar Daerah Belajar (LDB) sudah bekerja sama dengan Pesisir Selatan sejak September 2023 menjadi daerah Lingkar Daerah Belajar.

“Pada September 2023 kita sudah melauncing program penggerak pendidikan di Pesisir Selatan, secara skema dan teknis program terus berjalan hingga sekarang,” sebut Belda saat berada di Painan, 22 Juni 2024.

Dia mengatakan, pada bidang ini tidak hanya dinas pendidikan, namun juga steakholder lainnya juga ikut memberikan kontribusi pada bidang pendidikan. Seperti dinas kesehatan, keterlibatan pemerintah nagari, hingga perusahaan.

“Kita kumpulkan semua pihak, mulai dari bawah hingga pada pemda sendiri saling berkaloborasi menciptakan peningkatan di bidang Pendidikan,” ujarnya.

Belda menerangkan, dalam kerja sama ini, hal-hal yang dilakukan oleh LDB adalah mendukung peningkatan kopentensi dari para penggerak maupun guru yang ada di Pesisir Selatan.

Selanjutnya LDB akan membantu penyusuan regulasi pendidikan secara teknis, serta mengangkat praktik baik ke level nasional untuk menjadi contoh Pesisir Selatan di skala nasional.

“Nah, ini sudah berjalan baik dan memperlihat peningkatan-peningkatan, kita dari LDB akan terus mendorong ini, sehingga peninggkatan mutu pendidikan di Pessel tercapai dengan baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar mengatakan, sejak 2023 lay LDB sudah menjadi bagian dari beberapa program peningkatan mutu pendidikan di Pesisir Selatan.

“Kita harus berfikir, bagaimana bonus demografi kita siapkan sebagai SDM unggul kedepannya, maka dari itu investasi dunia pendidikan harus menjadi fokus utama kita,” sebut bupati.*

Peliput: PBP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *