Sekda Pesisir Selatan Hadiri Rapat Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting

TNews, PESISIR SELATAN – Sekretaris Daerah Pesisir Selatan, Mawardi Roska, S.IP hadiri Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dan Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan di Aula Bappedalitbang Sago, Rabu (27/05).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (DPMKB) Pesisir Selatan dihadiri Seluruh Stakeholder terkait, Kemenag, Camat, KUA dan Walinagari se-Kabupaten Pesisir Selatan.

Adapun maksud dan tujuan pelaksanaan rakor TPPS tersebut adalah untuk menemukan langkah-langkah, strategi dan rumusan kebijakan yang diperlukan dalam upaya percepatan penurunan prevalensi stunting di Pesisir Selatan.

Dalam sambutannya, Sekda Mawardi Roska dan juga selaku Ketua TPPS Kabupaten Pesisir Selatan mengharapkan kepada peserta rakor agar turut mendakwahkan dan mengedukasikan terkait stunting ini kepada anggota keluarga, dan masyarakat.

“Harapan Saya kepada Camat, Wali Nagari, dan KUA agar dapat menyampaikan nasehat terkait masalah stunting ini kepada semua calon pengantin di saat mengikuti proses pra nikah,” ujarnya.

Metode dakwah dan tausiyah atau ceramah, yang disampaikan oleh para mubaligh tentunya akan lebih mengena dan tidak terbantahkan karena adanya perintah agama atau aqidahnya.

Karena itu, edukasi terkait stunting ini juga mudah diterima bilamana didakwakan, melalui tausiyah atau ceramah.

Sebaliknya, apabila tidak melalui dakwah, tausiyah atau ceramah akan lebih mudah untuk diterima karena dalilnya atau perintah agama.

Ia melanjutkan, seorang ibu, karena agama atau keyakinan atas perintah agamanya sanggup menyusui anaknya selama dua tahun. Mengasih atau mengasuh anak dan menggapai keluarga bahagia Sakinah, Mawaddah, dan Warahmah.

Dengan mungutip An-Niza’ ayat 9, ia sampaikan, Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap kesejahteraannya. Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar.

“An-Nisa ayat 9, memuat peringatan kepada setiap orang tua agar merasa khawatir dan takut apabila di kemudian hari harus meninggalkan anak-anak mereka dalam keadaan lemah dan tak berdaya. Kedua, orang tua bertanggung jawab dalam mendidik anak usia dini,” ungkapnya

Sementara itu, Plt. Kepala DPMKB Kabupaten Pesisir Selatan, Salman Alfarizi Brutu, SSTP, M.Si dalam laporannya mengatakan, diperlukan sinergitas dan kolobaritas semua stakeholder di daerah, sehingga akseslerasi percepatan penurunan prevalensi stunting di Kabupaten Pesisir Selatan dapat dicapai, atau paling tidak dapat diminimalisir.

Secara definisi Stunting adalah permasalahan gizi kronis karena kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu yang cukup lama. Jadi Prevalensi Stunting adalah jumlah keseluruhan permasalahan Stunting yang terjadi pada waktu tertentu di sebuah daerah.

Tahun 2023, Prevalensi stunting Kabupaten Pesisir Selatan sebesar 27 persen, atau lebih tinggi dari prevalensi stunting propinsi Sumatera Barat yang hanya sebesar 23,6 persen. Tentunya diperlukan daya upaya yang lebih keras lagi, mengingat target penurunan prevalensi stunting di Indonesia tahun 2024 adalah sebesar 14 persen.*

Peliput : PBP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *